5 Juni 2013

UMI


Hallo semua..
            Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang kata “UMI”. Baiklah apa yang ada dipikiran kalian ketika mendengar kata UMI..? Orang nya gendut, pake jubah panjang, terus jilbab kedodoran melambai indah sampai dengkul? atau ibu-ibu yang udah punya anak banyak, yang bungsu umurnya 5 tahun, yang keempat baru kelas 3 SD, yg ketiga lagi mau Ulangan Umum di SMA, trus yang kedua baru aja mau wisuda tapi gara-gara nilai UTS gak keluar karna salah ngisi LJK trus wisudanya di tunda tahun depan dan kehidupannya berbau agama-agama gitu? Ya kurang lebih gitulah gambaran kata UMI yang melintas dipikaran ku.
            Nah, gak tau kenapa akhir-akhir ini aku dipanggil “UMI” sama anak-anak Jombies. Iya UMI!!! Sangat gak enak sekali bukan di dengarnya. Okelah kalo aku udah tua, atau okelah kalo seandainya penampilan aku menggambarkan sosok UMI itu. Tapi ini??? enggak pemirsaah! Ya Tuhaan..! masa orang kaya aku dipanggil UMI?! Sekarang mari kita lihat gambar di bawah ini:





            Kalo dilihat, kira-kira mana yang lebih pantas dipanggil “UMI”? yang atas atau yang bawah? kayaknya 8 dari 10 orang yang melihat pasti akan lebih condong ke yang di bawah, iyakan? Iya?  iya ajalah biar cepet. Nah gambar yang diatas itu kurang lebih menggambarkan diriku. #Aseeekk! Sangat kurang tepat bukan kalau gambar yang pertama itu dipanggil UMI..??? jelas gambar yang kedua lebih menggambarkan sosok UMI yang sebenarnya.
            Berawal dari aku sama temen-temen sering main ke rumah Nci, kebetulan rumah Nci itu deket dengan rumah seorang cowok yang dulu pernah deket sama aku sebutlah namanya Ncep. Bukan pacar, bukan! Bukan juga mantan! Cuma temen yang waktu awal masuk kuliah sempet deket beberapa hari. Kedekatan itu juga berawal dari perkenalan absurd, yang kalo di inget bikin aku pengen jedotin kepala ke tembok, kalo gak salah, sekali lagi kalo gak salah loh ya, waktu itu percakapannya gini:
            “Hai nama aku Ncep, kamu?” sapanya sambil pegang-pegang idung, ngebenerin bulu idung yang rontok.
            “Aku Andini. Namaku bagus yah,” kataku bercanda yang ternyata garing.
            *hening* Ncep garuk-garuk kepala, ketombenya pada jatoh semua.
            “Oke salam kenal ya.” kata Ncep kemudian.
            “Iya..” jawabku. Ncep pun pergi berlalu.
            Balik lagi ke cerita, si Ncep itu suka manggil UMI ke ibunya. Jadilah setiap kali kita lagi main ke rumah Nci, yang lain suka ngeledek:
            “Bu Din, mau mampir ke rumah UMI dulu gak?”
            “Bu Din, pulangnya mau ke Ciamis atau ke rumah UMI aja?”
            “Bu, ke rumah UMI dulu yuk, numpang shalat disana!”
            Damn!!! Kalo aja makan orang gak dosa, udah aku telen satu-satu tu mereka. Kenapa aku bisa sensi gini??? Secara, sekarang ini aku udah gak deket sama si Ncep. Iya, si Ncep udah punya pacar!!!! Sekarang coba bayangkan, kalo seandainya kita main ke rumah Ncep, trus aku ikut ngintil di belakangnya, pas sampe sana ternyata si Ncep lagi duduk manis berduaan sama pacarnya, sebut aja namanya Nok. Bayangkan apa yang akan terjadi???! Ada dua kemungkinan: 1. Aku mutar balik arah terus langsung kabur ke rumah. 2. Tetep masuk, pura-pura gak ngeliat dan menganggap semuanya patung singa peninggalan fir’aun.
            Pernah waktu itu, aku sama temen-temen lagi menghadiri acara perpisahan di SMK nya Nci sama Bu Rim, kebetulan Nci sama Bu rim ini satu sekolahan sama Ncep, kebetulan lagi rumah Ncep berdekatan nyaris dempet sama tu SMK. Sangking dekatnya rumah sama sekolahan, si Ncep kadang ngesot kalo berangkat ke sekolah. Dan tau kah kalian apa yang mereka lakukan??!! Si abang sama A Dedih yang waktu itu ikut serta sama kita nyeret-nyeret aku buat main ke rumah UMI. Bayangkan di SERET di tengah parkiran. Orang sekitar pada ngeliatin, tatapan mereka mengandung arti:
            “Kayaknya nih cewek lagi dipaksa buat berangkat ke arab jadi TKW sama temen-temennya.” Parah! Hina banget kan tuh tatapan orang-orang sekitar.
            Aku teriak-teriak, narik-narik tangan berusaha melepaskan diri dari jeratan setan yang terkutuk ini, gagal! Kekuatan aku gak ada apa-apanya sama mereka, padahal si abang nyeret aku sambil ngupil. Aku masih di seret, Echa, Nci sama Bu rim mengawal dari belakang. Beruntung waktu itu ada Pak Mumun (Dosen kita) yang juga jadi salah satu pengajar di SMK ini, jadilah aksi penganiyayan pun terhenti. Thank you pak, you safe my life!!! 
            Sayangnya aksi pembully an ini belum berakhir. Besoknya waktu kita lagi pada kumpul di ruangan, ada yang lagi nyanyi, ngerumpi, joged, guling-guling di atas meja dosen nyampe ada yang heboh pamer bulu ketek, siAbang dengan lantangnya manggil:
            “Eeeh UMI kok baru dateng..?!!!” sontak semuanya diem dan nengok ke arahku.
            Demi anak jerapah keselek cilok! Rasanya pengen ngelempar ini gagang pintu ke siAbang! Gak masalah kalo cuma anak-anak jombies, tapi ini satu kelas!! Parahnya lagi, Ya Tuhaann!!! Si Ncep juga ikut nengok! ini muka rasanya pengen dimasukin kardus aja, terus di buang ke lautan. Stuck, bingung gak tau harus ngapain. Kalo tetep masuk bisa-bisa tambah di bully, tapi kalo berbalik arah terus pulang, keliatan banget kesindirnya. Jalan yang paling direkomendasikan waktu itu adalah pura-pura mati gara-gara jantungan karna shock ngedenger suara siAbang.
            UMI.. oh UMI.. 


:: Jika dalam cerita di atas ada kesamaan dalam nama, tempat, peristiwa, dan kisah itu hanya kebetulan semata. Sekali lagi KEBETULAN. Thanks..

0 komentar:

Posting Komentar