9 Juni 2013

Tips Biar Gak Kena Marah Saat Pulang Malam



            “Waah parah, udah jam berapa nih?! Anjrit bisa-bisa gue digantung bokap begitu nyampe rumah!”
            “Bah! Gak berasa udah jam 11 malem aja. Gimana ngomongnya sama nyokap nih, aduuuh mampus gue!!”

            Yap, percakapan kaya di atas udah gak jarang lagi terlontar dari temen-temen kita yang mau pulang tengah malam selesai bermain. Gak usah jauh-jauh, kadang gue sendiri mengalami hal itu. Sangking seriusnya belajar kelompok di rumah temen #Eeeaa :D atau lembur kerja  karna ngejar deadline bikin gue lupa waktu, tau-tau udah jam 11 malem aja. #Ini serius. Gue emang suka lupa waktu kalo udah megang laptop. Mau pulang takut dimarahin, gak pulang?! apalagi. Gelisah, bingung, panik, parno semua jadi satu. Belom lagi kalo yang nyokapnya galak, pikirannya pasti udah kemana-mana.

            “Aduuh jangan-jangan nyokap gue udah nyediain peti mati dirumah!”

            “Kayaknya besok gue bakalan ngesot ke sekolah, nih motor pasti di jabel karna gue pulang malem!”
            “Apalagi bokap gue, kalo marah kepalanya psuka keluar tanduk, belom lagi matanya berubah jadi merah. Kadang gue ragu, sebenarnya bokap gue manusia apa siluman jadi-jadian?!”

            Sebagian mungkin ada yang iri sama temen-temen yang ngekost dan jauh dari pengawasan ortu. Mereka bisa nyantai pulang jam berapa aja tanpa harus takut ada yang marahin. Ini gak baik sih. Sangat-sangat gak baik. Kalo dipikir kenapa juga harus iri sama orang yang gaya hidupnya bebas gitu? Bebas pulang malam. Apalagi kalo pulang malemnya karna nongkrong gak jelas sambil buang-buang duit, parahnya tuh duit masih dapet minta dari ortu. Aduuh Plis plis plis segera bertobat. Harusnya kita justru bersyukur karna masih punya orang-orang yang peduli sama kehidupan kita.
            Tapi BeTe juga gak sih kalo punya ortu yang super protektif. Mau kesini gak boleh, pergi sama ini gak boleh, pokoknya mau ngapa-ngapain di luar jam sekolah gak di bolehin. Semuanya harus izin yang prosedurnya sangat amat ribet. Bayangin kalo seandainya  kita lagi dapet (khusus perempuan) pas persediaan pembalut abis, mau ke indomart buat beli pembalut tapi gak di bolehin karna udah jam 7 malam, betapa protektifnya orang tua tipe ini. Kalo gue ada di posisi dia yang akan gue lakukan adalah buru-buru ke tempat pak lurah, ganti akte sama KK sekalian nama bokap dan nyokap Hohoho #AnakDurhaka Amit-amit!

            Ya setidaknya sebagai anak muda yang hidup di peradaban alay pengen lah sekali-kali keluar malam. Apalagi kalau ada moment penting yang jarang banget di dapat. Kaya ke pasar kaget misalnya. Yang adanya cuma dua kali setahun. Tiap mau kenaikan kelas sama akhir tahun. Atau momen spesial lainnya kaya lihat kembang api bareng bebeb di malam pergantian tahun. Nyesek banget gak sih kalo di umur yang udah menginjak angka 17 ini tapi belum pernah sekalipun liat kembang api di malam pergantian tahun bareng bebeph karna ortu yang super duper protektif.
            So, di postingan kali ini gue mau berbagi tips biar tenang saat pulang malem tanpa harus khawatir di marahin ortu. Demi apapun gue sama sekali gak ada niat buat menyesatkan para pembaca sekalian. Niat gue cuma ingin berbagi pengalaman. Udah itu aja, gak lebih. Pliiiss think positive yaa, #Pasang tampang melas. Semoga setelah di publishnya postingan ini, BLOG Jombies gak di cap Haram sama MUI karna udah memberikan tips ngawur cenderung meyesatkan ini. Semoga semoga, Amiin  Dan berikut adalah tips-tips agar gak dimarahin ortu waktu pulang malam:

1.    Bawa oleh-oleh sebentuk makanan kesukaan bokap/nyokap lo, begitu nyampe rumah dan ortu udah nangkring diatas pagar buru-buru kasihin, jangan lupa pasang senyum semanis mungkin.

2.     Alihkan perhatian ortu dengan cara bercerita langsung begitu sampai rumah. Terserah mau cerita apa, cerita tentang guru yang genit kek, mantan yang ngajak balikan, atau cerita tentang temen lo yang suka mendadak kayang kalo liat cewek cantik, yang penting jangan sampe ada jeda buat mereka ngomong.

3.     Pasang muka melas, muka capek, kesal, marah, kalo perlu melotot sambil melet-melet yakin ortu gak akan marah, mungkin mereka malah akan langsung menelpon RSJ atau Kiyai.

4.  Ajak salah satu temen buat nginep dirumah lo, ajak temen yang tampangnya alim, nyenengin dan pinter ngomong. Begitu nyampe rumah suruh dia yang jadi jubir buat menjelaskan semuanya ke ortu lo #Muahahaha

5.  Kompakan sama satpam komplek, minta dia buat nganterin lo sampe depan pintu rumah. Bilang ke ortu kalo tadi lo abis bantuin tu satpam nyebrangin rombongan suster ngesot yang kesusahan nyebrang karna jalanan macet.

6.  Kasih gertakan ke mereka. Misal: Lo bakalan nekad guling-guling sambil ketawa ngakak tanpa henti selama satu semester di tengah jalan kalo sampe dimarahin.

7.     Siapkan mental,sebelum lo melangkahkan kaki ke rumah ada baiknya lo merapal semua surat-surat pendek yang lo hapal, baca kenceng-kenceng begitu ortu lo nongol dari balik pintu. Dengan begitu mereka ngira kalo lo baru aja selesai ikut pengajian. Niat buat marahpun hilang sudah. Haaha :D

8.   Terakhir, kalo lo gak bisa praktekin tips 1 sampe 7 diatas, jalan yang paling ampuh adalah bersikap keep calm dan pura-pura gak liat ortu lo yang udah nagkring depan pintu. Atau anggap aja mereka lagi ngigo (ngelindur) marahin lo ditengah malam buta. Beres kan? ;)


            Oke, kayaknya cuma itu deh tips dari gue. Sekali lagi, gue gak ada niat buat menyesatkan atau apapun. Dan buat temen-temen yang punya tips lain dan mau berbagi silahkan di share di kolom komentar di bawah.

13 komentar:

Imaniar mengatakan...

Boleh juga tipsnya XD
Gue sih bawa martabak, trus pasang muka melas, buka laptop, sok sibuk. Biar dikira emang sengaja pulang malem karena tugas :3

Yang paling penting sih pamitan ke ortu dulu, chance marahnya bisa turun 60% :D

Rusyda Andini mengatakan...

Siip deh, sayangnya kalo gue pamitan dan ngasih tau mau kemana pasti sebelum jam 8 udah di jemput suruh balik. gak lucu banget kan ckck :D

Nandi mengatakan...

setuju gan, berilah terus posting2 yang bermanfaat bagi pembaca :)
oh iya, jangan lupa mampir juga ya ke http://nanndiitaamaa.blogspot.com/ :D

Muhammad Esa mengatakan...

hahahahaa,,,
jurus ngeles nih,

Rusyda Andini mengatakan...

Oke, thanks udah mampir :)

Rusyda Andini mengatakan...

Tepatnya ini jurus bela diri :D

Wandiawan Blog mengatakan...

Wahaha bagus nih buat gue
tapi kalo gak boleh pulang malem, pulang pagi aja haha

mampir balik yaa

Rusyda Andini mengatakan...

Coba aja praktekin satu2 :D
Oke..

arun mengatakan...

Nice INFO Entar malam aku coba tips nya :D

Rusyda Andini mengatakan...

Ahaha Good luck ya ;)

Afghan Elbanna mengatakan...

Lumayan, sogokan always works the best result :)

Rusyda Andini mengatakan...

((SOGOKAN)) :D

sdn lalangon 1 mengatakan...

kalau saya siie walapun ttp ngeles g kn di percaya

Posting Komentar